Laman

Pemerintah Kota Yogyakarta


Dasar Hukum
Ketetapan DPRD Nomor 2 Tahun 1952 tentang Penetapan Lambang Kota Praja Yogyakarta

Makna Lambang:
Perbandingan ukuran 18 : 25, untuk memperingati tahun permulaan perjuangan Pangeran Diponegoro di Yogyakarta (tahun 1825)

Warna Hitam: Simbol Keabadian, Warna Kuning dan Keemasan: Simbol Keluhuran, Warna Putih: Simbol Kesucian, Warna Merah: Simbol Keberanian, Warna Hijau: Simbol Kemakmuran.

Mangayu Hayuning Bawono: Cita-cita untuk menyempurnakan masyarakat.

Bintang Emas: Cita-cita kesejahteraan yang dapat dicapai dengan usaha dibidang kemakmuran.

Padi dan kapas: Jalan yang ditempuh dalam usaha kemakmuran pangan dan sandang

Perisai: Lambang Pertahanan

Tugu: Ciri khas Kota Yogyakarta

Dua sayap: Lambang kekuatan yang harus seimbang

Gunungan: Lambang kebudayaan, Beringin Kurung: Lambang Kerakyatan, Banteng: Lambang semangat keberanian, Keris: Lambang perjuangan.

Terdapat dua sengkala
Gunaning Keris Anggatra Kota Praja: Tahun 1953 merupakan tahun permulaan pemakaian Lambang Kota Yogyakarta. Warna Hasta Samadyaning Kotapraja: Tahun 1884

FLORA DAN FAUNA IDENTITAS KOTA YOGYAKARTA
Dalam rangka menumbuhkan menjadi kebanggaan dan maskot daerah telah ditetapkan pohon Kelapa Gading (Cocos Nuciferal vv.Gading) dan Burung Tekukur (Streptoplia Chinensis Tigrina) sebagai flora dan fauna identitas Kota Yogyakarta

Keberadaan pohon Kelapa Gading begitu melekat pada kehidupan masyarakat Yogyakarta, karena dikenal sebagai tanaman raja serta mempunyai nilai filosofis dan budaya yang sangat tinggi, sebagai kelengkapan pada upacara tradisional/religius, mempunyai makna simbolis dan berguna sebagai obat tradisional.

Burung tekukur dengan suara merdu dan sosok tubuh yang indah mampu memberikan suasana kedamaian bagi yang mendengar, menjadi kesayangan para pangeran dilingkungan kraton. Dengan mendengar suara burung tekukur diharapkan orang akan terikat kepada Kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar